Saturday 22 August 2015

KONTAK AWAL BANGSA INDONESIA DENGAN BANGSA LAIN

Bila dilihat dari letak Indonesia merupakan jembatan penghubung yang terletak di tengah-tengah dua
Negara besar yang merupakan sentral perekonomian Asia yaitu India dan Cina. Hubungan India-Cina terjadi jauh sebelum abad V Masehi.

Bukti-bukti adanya hubungan India – Indonesia tidak begitu banyak. India sejak sebelum tarikh masehi telah mengenal tulisan dan telah mengenal system kerajaan, mestinya terdapat peninggalan sejarah yang merekam hubungan India- Indonesia secara jelas.

Namun ternyata tidak ditemukan dengan lengkap. Beberapa bukti mengenai hubungan India – Indonesia :

- Kitab Jataka, mengenai kelahiran sang Budha Sidharta Gautama, dalam kitab tersebut disebut sebut sebuah negeri yaitu Svarnabhumi = Sumatera ?

- Kitab Ramayana, menceritakan kisah Rama- Shita yang menyebut-nyebut beberapa negeri yaitu Yavadwipa dan Swarnadwipa = Pulau Jawa dan Sumatera ?

Hubungan antara India – Indonesia kemungkinan terjadi jauh sebelum tarikh awal masehi. Dimana hubungannya dimasa-masa yang akan datang lebih intensif lagi. Ada suatu kitab dari Timur Tengah yaitu kitab Periplous tes Erythras Thalasses (abad I) yang tidak diketahui penulisnya. Dalam kitab-kitab tersebut disebut negeri chryse yang berarti emas = Swarnabhumi = Sumatera ?

Kemudian dari kitab Geographike Hyphegesis yang ditulis oleh Claudius Ptolomeus disebutkan beberapa negeri yaitu :
- Argyre Chora = negeri perak
- Chrysye chora = negeri emas
- Chrysye chersonesos = semenanjung emas
- Iabadiou = pulau enjelai

Selian itu bangsa Indonesia juga telah mengadakan kontak dengan bangsa Cina. Dimana ditemukan bukti-bukti yang menunjukkan adanya hubungan dengan Negara Cina yang sangat erat.

Jalan laut baru dipergunakan sekitar abad ke-I Masehi dimana perhatian bangsa India terhadap Indonesia lebih banyak bila dibandingkan dengan bangsa Cina. Diduga jalur laut antara Cina- Indonesia mulai terbuka pada abad IV Masehi.

Sehubungan dengan adanya ketertarikan kaisar-kaisar Cina yang mulai memindahkan pusat pemerintahannya ke bagian selatan sehingga perhatian mereka mulai kearah bagian selatan.

No comments:

Post a Comment